Ahad, 17 Mac 2024

HUKUM MEMUTUS SILATURAHMI, DAPAT AZAB ALLAAH SWT DAN TAK DITERIMA AMALNYA


 Hukum memutus tali silaturahmi dijelaskan dalam berbagai dalil Al-Qur'an dan hadits Rasulullah SAW. Bagi umat muslim yang memutus silaturahmi akan mendapatkan azab Allaah, tidak diterima amalnya dan bahkan ditempatkan di neraka. Nauzubillah!

Perintah menjalin silaturahmi tercatat dalam Al-Qur'an, salah satunya melalui surat An-Nisa ayat 1, Allaah SWT berfirman:


يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ ٱتَّقُوا۟ رَبَّكُمُ ٱلَّذِى خَلَقَكُم مِّن نَّفْسٍ وَٰحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيرًا وَنِسَآءً ۚ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ ٱلَّذِى تَسَآءَلُونَ بِهِۦ وَٱلْأَرْحَامَ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا


Kerugian Bagi Orang yang Memutus Silaturahmi
Mengutip buku Mukjizat Duit oleh Ustaz H. Koko Liem, S.Q., M.A. dijelaskan bahwa mereka yang memutuskan tali silaturahmi tidak akan mendapatkan ketenangan, dan hidupnya selalu dilanda kecemasan. Islam sangat melarang umatnya memutuskan tali silaturahmi.


Berikut kerugian yang akan didapat bagi orang yang memutus silaturahmi:


1. TIDAK AKAN DITERIMA AMALNYA


Orang yang memutuskan tali silaturahmi tidak akan diterima amal ibadahnya.


Nabi Muhammad bersabda:


"Sesungguhnya amal ibadah manusia diperlihatkan setiap hari Kamis malam Jumat, maka tidak diterima amal ibadah orang yang memutuskan hubungan silaturahmi" (HR. Ahmad)


2. TIDAK AKAN MENDAPATKAN RAHMAT ALLAAH SWT


Orang yang memutuskan tali silaturahmi tidak akan mendapatkan rahmat Allaah, baik berupa kebaikan-kebaikan maupun pertolongannya.


Nabi Muhammad bersabda:


"Rahmat Allaah tidak akan turun kepada kaum yang padanya terdapat orang yang memutuskan tali silaturahmi." (HR. Muslim)


3. MENDAPATKAN AZAB


Salah satu yang dipercepat pembalasan azab (siksanya) di dunia adalah dosa memutuskan tali silaturahmi.

Dari Abu Bakrah dari Nabi beliau bersabda:


"Tidak ada dosa yang Allaah lebih percepat siksaan kepada pelakunya di dunia serta yang tersimpan untuknya di akhirat selain perbuatan zalim dan memutuskan tali silaturahmi." (HR. Tirmidzi)

4. DILAKNAT OLEH ALLAAH DAN DIMASUKKAN KE DALAM NERAKA JAHANAM


Allaah SWT sangat membenci orang yang memutuskan tali silaturahmi dan akan memasukkannya ke dalam neraka. Allaah SWT berfirman dalam surat Ar-Ra'd ayat 25


وَٱلَّذِينَ يَنقُضُونَ عَهْدَ ٱللَّهِ مِنۢ بَعْدِ مِيثَٰقِهِۦ وَيَقْطَعُونَ مَآ أَمَرَ ٱللَّهُ بِهِۦٓ أَن يُوصَلَ وَيُفْسِدُونَ فِى ٱلْأَرْضِ ۙ أُو۟لَٰٓئِكَ لَهُمُ ٱللَّعْنَةُ وَلَهُمْ سُوٓءُ ٱلدَّارِ

Artinya: Orang-orang yang merusak janji Allaah setelah diikrarkan dengan teguh dan memutuskan apa-apa yang Allaah perintahkan supaya dihubungkan dan mengadakan kerusakan di bumi, orang-orang itulah yang memperoleh kutukan dan bagi mereka tempat kediaman yang buruk (Jahannam).

5. TIDAK AKAN MASUK SURGA


Orang yang memutuskan tali silaturahmi terancam tidak bisa masuk surga. Hal ini sesuai dengan sebuah hadits yang diriwayatkan dari Abu Muhammad Jubair bin Muth'im , dari Nabi beliau bersabda:

"Tidak akan masuk surga orang yang memutuskan (silaturahmi)." (HR. Bukhari dan Muslim)


Dalam hadits lain, Rasulullah SAW mengingatkan ancaman Allaah SWT yang akan memutuskan hubungan dengan hamba yang tidak mempertahankan silaturahmi


قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ‏: أَنَا الرَّحْمَنُ، وَأَنَا خَلَقْتُ الرَّحِمَ، وَاشْتَقَقْتُ لَهَا مِنَ اسْمِي، فَمَنْ وَصَلَهَا وَصَلْتُهُ، وَمَنْ قَطَعَهَا بَتَتُّهُ


Artinya: Allaah SWT yang Maha Besar dan Maha Kuasa berfirman. "Aku adalah yang Maha Pengasih (Ar-Rahman). Aku membuat ikatan persaudaraan dan memberinya nama dari namaKu. Jika siapa saja mempertahankan ikatan silaturahmi, maka mempertahankan hubungan dengannya. Dan Aku akan memutus hubungan dengan siapa saja yang memutuskan silaturahmi." (Disebut dalam kitab Al-Adab Al-Mufrad).


Dengan demikian, menjalin tali silaturahmi adalah hal yang penting agar amal ibadah kita diterima Allaah SWT. Menjaga silaturahmi dengan sesama juga akan mendatangkan banyak manfaat.


https://www.detik.com/hikmah/khazanah/d-6692568/hukum-memutus-silaturahmi-dapat-azab-Allaah-swt-dan-tak-diterima-amalnya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...